Tips dan Triks perencanaan Pesta

Pengertian Kebugaran Jasmani Secara Umum dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian kebugaran jasmani secara umum adalah kemampuan tubuh atau jasmani melakukan berbagai aktivitas tanpa kelelahan yang berarti dan masih memiliki cadangan energi untuk menjalani aktivitas lain. Berdasarkan pengertian kebugaran jasmani tersebut, maka kita tahu bahwa kebugaran jasmani merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi agar kita dapat menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari dengan baik, efektif, dan efisien.

Selain pengertian di atas, ada juga beberapa pengertian yang disampaikan oleh para ahli. Menurut Suratman, kebugaran jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh atau fitness yang memberi kemampuan pada seseorang untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stress fisik yang wajar. Kemudian menurut Mochamad Sajoto dan Judith Rink, kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan tidak mengalami kelelahan berlebihan, dengan pengeluaran energi yang cukup besar, untuk memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang juga untuk memenuhi keperluan darurat bila diperlukan sewaktu-waktu.

Setiap orang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang berbeda. Menurut ahli kebugaran jasmani, Suharjana, ada empat faktor yang mempengaruhi perbedaan tingkat kebugaran jasmani antar orang yang satu dengan yang lain. Berikut adalah empat faktor tersebut :

  1. Umur

Umur bisa dibilang sebagai faktor utama yang tidak bisa dihindari. Semakin tua umur seseorang, maka semakin turun pula tingkat kebugaran jasmani yang dimiliki. Kebugaran jasmani tertinggi yang dimiliki seseorang berada diantara usia 25-30 tahun.

  1. Jenis Kelamin

Tingkat kebugaran jasmani laki-laki pada umumnya lebih baik daripada perempuan. Perempuan cenderung lebih mudah mengalami kelelahan setelah melakukan suatu aktivitas tertentu.

  1. Makanan

Pola makan yang sehat akan berdampak baik pada tingkat kebugaran jasmani seseorang. Untuk itu, kita perlu memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain jam makan, kandungan gizi, bahan makanan yang berkualitas, hingga cara pengolahannya.

  1. Keturunan (Gen)

Faktor keturunan juga berpengaruh terhadap tingkat kebugaran jasmani seseorang. Hal ini berkaitan dengan kapasitas organ tubuh seperti jantung, paru-paru, postur tubuh, sel darah, obesitas, dan serat atas.

Berdasarkan empat faktor di atas, kita masih bisa meningkatkan kebugaran jasmani kita dengan beberapa cara seperti mengonsumsi makanan bergizi, pola hidup sehat, aktivitas jasmani yang dilakukan secara teratur, serta pola istirahat yang cukup.